Pengenalan Unsur-Unsur Lingkaran


Pernahkah kalian menaiki wahana bianglala?. Bianglala berbentuk lingkaran dengan beberapa titik disekeliling lingkaran yang digunakan untuk tempat duduk pengunjung. Lingkaran memiliki beberapa yang berbeda dari bangun datar lainnya.
Unsur-unsur lingkaran antara lain jari-jari, diameter, titik pusat, busur, tali busur, juring dan tembereng. Marilah kita belajar tentang komponennya.

Benda-benda seperti uang koin, payung, jam dinding, ember, tutup gelas, DC, permainan dart, ban, roda, gelas, dan piring memiliki dasar berbentuk lingkaran. Lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu tersebut dinamakan titik pusat lingkaran.

Mengenal Unsur-unsur Lingkaran

Terdapat beberapa unsur-unsur lingkaran yaitu jari-jari, diameter, titik pusat, busur, tali busur, juring, tembereng dan apotema. Perhatikan gambar di bawah ini!.

Unsur Unsur Lingkaran
Unsur Unsur Lingkaran
  • Titik Pusat

Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran. pada gambar di atas titik O adalah titik pusat lingkaran.

  • jari jari

Jari-jari lingkaran adalah garis dari titik pusat lingkaran ke lengkung lingkaran. Pada gambar di atas jari-jari lingkaran ditunjukkan oleh garis OA, OB, dan OC.

  • Diameter

Diameter adalah garis lurus yang menghubungkan 2 titik pada lengkung liggkaran dan melalui titik pusat. Besar diameter adalah dua kali jari-jarinya, dituliskan d = 2r Dengan kata lain, besaran jari-jari setengah kali diameternya, ditulis r = \frac{1}{2}d. Pada gambar di atas diameter lingkaran AB samadengan duakali jari-jari OA dan AB.

  • Busur

Busur lingkaran merupakan garis lengkung yang terletak pada lengkung lingkaran dan menghubungkan dua titik sembarang di lengkungan tersebut. Pada gambar diatas Garis lengkung AC dan Garis lengkung BC merupakan busur lingkaran O.

  • Tali Busur

Talibusur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan 2 titik pada lengkung lingkaran. Berbeda dengan diameter lingkaran, tali bususr tidak memiliki titik pusat lingkaran. Tali busur lingkaran tersebut ditunjukan oleh garis AC yang tidak melalui titik pusat pada lingkaran O.

  • Tembereng

Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. pada gambar diatas tembereng ditunjukan oleh daerah yang di arsir atau daerah ADC.

  • Juring

Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang di apit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut. Pada gambar diatas juring lingkaran ditujukan oleh daerah arsiran yang dibatasi oleh jari-jari OC dan OB serta busur BC, yang dinamaka juring BOC.

  • Apotema

Apotema merupakan garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran tersebut. Garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur. Pada gambar diatasgaris OD merupakan garis aotema pada lingkaran O.

Itu lah beberapa komponen yang menyangkut tentang unsur-unsur linkaran.

Informasi ini terkait:

titik busur likaran yang lain lain yaunsur lingkaran yang berupa lengkung