Apa Itu Ilmu Fisika, Yuk Kita Belajar Fisika

Apa Itu Hakikat Ilmu Fisika, Ketahui Di Sini. – Sain adalah kumpulan dari pengetahuan mengenai alam semesta yang telah di susun secara sistematis. Pengetahuan yang dianggap sains ialah pengetahuan yang dapat diuji kembali oleh siapa pun.

Ilmu Fisika Dalam Sehari Hari
Ilmu Fisika Dalam Sehari Hari

Contohnya gaya grafitasi. Siapapun yang berada di bumi jika melemparkan apel dapat memantau bagai mana apel tersebut akan selalu jatuh ke bawah. Jika dilakukan dengan pengukuran, idealnya hasil pengukuran akan selalu sama untuk pengukuran pada kondisi yang sama.

Pengertian Ilmu Fisika

Fisika adalah Cabang ilmu yang mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkungan hidup ruang dan waktu. Serta semua interaksi yang menyertainya.

Fisika di anggap ilmu yang paling mendasar karena setiap ilmu alam lainnya, biologi, kimia, geologi, dan lain-lainya, mempelajari jenis sistem materi tertentu yang mematuhi hukum Fisika. Fisika berkaitan erat dengan matematika.

Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis. Matematika yang digunakan dalam ilmu fisika biasanya lebih rumit dari pada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainya. Ada wilayah luas penelitian yang beririsan antara fisika dan matematika, yakni fisika matematis yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori fisika.

Tujuan Mempelajari Fisika

Tujuan mempelajari fisika adalah agar manusia mengenal bagian-bagian dasar dari benda dan memahami interaksi antar benda sehigga menimbulkan gejala-gejala di alam maupun lingkungan. Selain itu, agar manusia mampu menjelaskan fenomena-fenomena alam yang terjadi.

Fisika menjadi ilmu pengetahuan yang mendasar. Karena fisika berhubungan dengan prilaku dan struktur benda, khususnya benda mati. Fisika tidak hanya berlaku untuk benda-benda berukuran besar seperti planet dan matahari. Benda-benda kecil, seperti muon, elektronproton, bahkan foton, dapat dijelaskan melalui ilmu fisika.

Bagian-Bagian Dalam Ilmu Fisika

Kunci kesuksesan dalam belajar fisika adalah kemampuan kita untuk memahami tiga hasil pokok fisika, yaitu konsep, hukum dan teori. Pemahaman dapat ditunjukan oleh kemampuan untuk menerapkanberbagai hasil pokok itu. Melakukan percobaan, mengukur, menginterprestasi, mengamati, dan menyimpulkan merupakan bagian dari fisika.

Oleh karena itu, melakukan percobaan merupakan suatu keharusan. Misalnya, Newton menemukan Hukum Grafitasi setelah mengamati peristiwa jatuhnya buah apel.

Dari berbagai gejala yang terjadi di sekeliling kita, dicari sifat dan karakteristik tertentu hinga beberap kejadian yang berbeda dapat di mengerti sebagai contoh dari suatu prinsip umum tertentu. Sebagai contoh perhatikan beberapa benda dengan berat berbeda dijatuhkan.

Ternyata bila di jatuhkan dari ketinggian yang sama, maka benda-benda tersebut tiba di tanah dalam waktu yang samabila gesekan dalam udara dapat di abaikan. Inti dari kejadian-kejadian ini adalah contoh dari prinsip umum yang didapat dari proses generalisasi, yaitu : “Laju berat benda tidak tergantung pada berat benda”.

Metode Ilmiah Dalam Ilmu Fisika

Keberhasilan sains dicapai karena para ilmuan telah mengembangkan dan menggunakan suatu metode yang sangat efektif. Galileo, ilmuan terkenal yang disebut sebagai “Bapak Metode Ilmiah”, menjelaskan sebagai berikut:

  1. Mengenal permasalahan
  2. Menebah atau menduga jawaban
  3. Meramalkan akibat dari dugaan tersebut.
  4. Melakukan percobaan menguji ramalan.
  5. Merumuskan teori termudah sehubungan dengan ramalan dan hasil ucicoba.

Tujuan belajar fisika adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap penerapnan konsep-konsep fisika dan metode ilmiah yang melibatkan keterampilan proses untuk memecahkanberbagai permasalahn dalam kehidupan sehari-hari.

Incoming search terms:

  • apa itu ilmu fisik
  • Mengapa kita perlu mempelajari ilmu fisika?