Rumus Peluang dan Contoh Soal

Rumus Peluang – Setiap orang yang sedang bermain atau bertaruh pasti ingin menang. Dengan menggunakan teori peluang yang diperkenalkan oleh Pascal, Leibniz, Fermat, dan James Bernoulli, dapat diterka berapa besar kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Meskipun belum tentu 100 % berhasil, tentunya Anda akan sangat terbantu untuk dapat memenangkan permainan.

Rumus Peluang Ilustrasi
Rumus Peluang Ilustrasi

Penerapan Peluang

Selain dalam permainan yang mengandung unsur pertaruhan, ada banyak kegunaan lain dari peluang. Seiring dengan berkembangnya teori peluang sehingga memungkinkan pemakaiannya di berbagai bidang yang berkaitan dengan kejadian yang bersifat probabilitas misalnya prakiraan cuaca dan penanaman modal saham.

Untuk menghitung peluang berbagai kejadian, anda dapat menggunakan aturan matematika tertentu sehingga mempermudah cara perhitungannya. Cara menghitung peluang suatu kejadian dapat anda ketahui mempelajari materi ini secara mendalam.

Rumus Peluang – Aturan Perkalian

Rumus Peluang aturan perkalian
Rumus Peluang aturan perkalian

Contoh 1

Hendra hendak bepergian dari kota A ke kota C melalui kota B. Dari kota A ke kota B terdapat dua jalan dan dari kota B ke C terdapat 3 jalan, seperti pada ilustrasi di bawah ini.
Kota A — 2 jalan —>  Kota B
kota B — 3 jalan —> Kota C

Berapa banyak cara yang dapat ditempuh untuk bepergian dari kota A ke kota C?
Jawab:

Banyak cara bepergian dari Kota A ke Kota B ada 2 cara
Banyak cara bepergian dari kota B ke kota C ada 3 cara
Banyak cara bepergian dari kota A ke kota C ada 2 x 3 cara = 6 cara.

Contoh 2 (Rumus Peluang)

Banyak rute alternatif dari kota A menuju kota B ada 2 rute penerbangan, sedangkan banyak rute alternatif dari kota B ke C ada 4 rute jalan darat. Adi akan melakukan perjalanan pergi pulang dari kota A ke kota C.

  1. Tentukan banyak rute berbeda yang mungkin dapat dilakukan Adi untuk pergi dari kota A ke kota C melalui kota B!
  2. Tentukan banyak rute berbeda yang mungkin dapat dilakukan Adi pulang dari kota C ke kota A melalui kota B dengan syarat tidak menggunakan rute yang sama saat ia pergi!
  3. Tentukan banyak rute berbeda yang mungkin dapat dilakukan Adi jika Adi melakukan perjalanan dari kota A ke kota C melalui kota B pergi pulang dengan tidak menggunakan rute yang sama!

jawab:

Kota A — 2 rute —> Kota B (AB = 2 rute)
Kota B — 4 rute —> Kota C (BC = 4 rute)

  1. Banyak rute berbeda pergi dari Kota A ke kota C melalui kota B adalah:<br>AB x BC = 2 x 4 = 8 rute
  2. Banyak rute berbeda pulang dari kota C ke kota A melalui kota B dengan syarat tidak menggunakan rute yang sama saat pergi adalah:
    (BC-1) x (AB-1) = (4-1) x (2-1) = 3 rute
  3. Banyak rute berbeda pergi pulang dari kota A ke kota C melalui kota B dengan tidak menggunakan rute yang sama adalah:
    AB x BC x (BC-1) x (AB-1) = 2 x 4 x 3 x 1 = 24 jalan

Incoming search terms:

  • Diketahui ada 3 rute yang menghubungkan kota P dengan kota Q dan 2 rute yang menghubungkan kota Q dengan kota R Banyak cara seseorang dapat bepergian dari kota P ke kota R adalah
  • Diketahui ada 3 rute yang menhubungkan
  • banyak alternatif rute
  • Dari kota A dan B terdapat 4 jalan berlainan yang dapat ditempuh dari kota B ke kota C terdapat 5 jalan yang di tempuh Berapa banyak jalan berlainan dari kota A ke kota C melalui kota B?(un 2015 2016)
  • dari kota A ke kota C harus melalui kota B dari kota A ke kota B dihubungkan oleh tiga jalur berbeda dari B ke kota C dihubungkan 4 jalur berbeda Ada berapa cara perjalanan Budi menuju kota A ke kota C melalui B