Perbandingan Senilai Dan Contoh Soalnya

Rumus Perbandingan Senilai – Seringkali kita membandingkan ukuran suatu benda dengan benda lainnya seperti membandingkan tinggi atau berat badan. Seseorang ketika membandingkan kita memerlukan minimal dua besaran untuk dibandingkan.

Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran

Guna membandingkan suatu besaran yang harus diperhatikan adalah kesamaan besarannya. Besaran panjang harus dibandingkan dengan besaran panjang bukan besaran luas atau volume. Selain besaran perlu diperhatikan pula satuannya. Jika dua besaran sudah memiliki satuan yang sama maka perbandingan dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi perbandingan yang sederhana.

Menyederhanakan perbandingan dapat dilakukan dengan membagi bilangan-bilangan yang dibandingkan Sehingga masing-masing bilangan yang dibandingkan tidak memiliki faktor persekutuan lagi.

Contoh Soal

Perhatikan contoh perbandingan berikut!
Harga buku pertama Rp3.000,00 sedangkan harga buku kedua Rp4.000,00. Tentukan perbandingan harga antara buku pertama dan buku kedua!.
Penyelesaian:
Besaran yang sama yaitu harga buku. Keduanya juga sudah memiliki satuan yang sama yaitu rupiah. Oleh karena itu, perbandingan harga buku.
pertama: kedua = 3.000 : 4.000 (keduanya dibagi dengan faktor persekutuan 1.000)
= 3:4
Jadi, perbandingan harga buku pertama dan kedua adalah 3:4.

Artikel menarik lainnya :   Rumus Volume Balok Beserta Contoh Soalnya

Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda

Sering kali kita dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda. Misalkan kecepatan rata-rata sebuah bus adalah 80 km/jam. Pernyataan tersebut membandingkan dua besaran yakni besaran panjang dan besaran waktu yang keduanya memiliki satuan yang berbeda yakni km dan jam.

Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai menyatakan perbandingan dua besaran yang nilainya sebanding. Jika besaran yang satu berubah naik / turun, maka besaran lainnya juga akan berubah naik / turun. Secara matematis dirumuskan sebagai berikut.
Jika A dan B memiliki hubungan perbandingan senilai, berlaku:

Contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan senilai adalah jumlah barang yang dibeli dengan harga yang harus dibayar, jumlah konsumsi bahan bakar dan jarak yang ditempuh, serta jumlah kaleng cat dan luas permukaan yang dapat dicat.

Rumus Perbandingan Senilai
Rumus Perbandingan Senilai

Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model

Skala Pada Peta

Skala merupakan perbandingan terkecil antara ukuran pada peta (gambar) dan ukuran sebenamya.

Skala 1:500.000 berarti 1 cm pada peta mewakili 500.000 jarak sebenarnya.

Skala Pada Peta - Perbandingan Senilai
Skala Pada Peta – Perbandingan Senilai

Perbandingan Pada Suatu Model

Pengertian skala tidak hanya digunakan pada peta. Akan tetapi, dapat diperluas juga untuk gambar konstruksi bangunan, pembuatan replika (bentuk tiruan) mobil, maket rumah, dan sebagainya yang kita kenal dengan istilah gambar berskala.

Perbandingan pada suatu Model - Perbandingan Senilai
Perbandingan pada suatu Model – Perbandingan Senilai

Skala Pada Termometer

Skala pada termometer suhu antara lain skala Celsius (°C), skala Reamur (°R), dan skala Fahrenheit(F). Skala pada termometer menyatakan perbandingan suhu dalam derajat Celsius, Reamur, dan Fahrenheit yang dinyatakan dengan perbandingan C: R: F = 5:4:9.

Artikel menarik lainnya :   Rumus Bunga Tunggal dan Pemakaiannya

Informasi ini terkait:

contoh perbandingan senilai dalam kehidupan sehari-hariRumus skala reflika